5 Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Terbaik


pemain naturalisasi terbaik
pemain naturalisasi terbaik
No ratings yet.

Timnas Indonesia, sudah melakukan berbagai cara untuk meraih prestasi. Salah satunya adalah dengan cara naturalisasi pemain. dan kebanyakan pemain naturalisasi gagal memenuhi ekspektasi public sepak bola. Namun ada beberapa pemain naturalisasi yang setidaknya sukses memberikan peforma terbaik nya di level klub maupun timnas. Berikut adalah pemain naturalisasi terbaik di Indonesia.

  1. Cristian Gonzales

Cristian Gonzales, adalah pemain naturalisasi asal Uruguay berumur 43 tahun. Gonzales pernah dikenal sebagai raja gol pada puncak kariernya di Liga Indonesia awal 2000-an.

 

Di musim pertamanya di tanah air, Gonzales sudah menorehkan gelar top skor di Liga Indonesia dengan 27 gol. Sejak saat itu, El Loco kerap mendominasi daftar teratas pencetak gol terbanyak.

 

Satu gelar juara Liga Indonesia juga ikut dipersembahkan Si Raja Gol untuk Persik pada musim 2006/2007.

Cinta Gonzales terhadap Indonesia sempat bertepuk sebelah tangan. Namun pada 2010, El Loco akhirnya diangkat menjadi Warga Negara Indonesia.

Piala AFF 2010 menjadi arena pembuktiannya. Meski menjalani debut membela Merah Putih di turnamen itu di usia 34, Gonzales tak kehilangan ketajaman.

 

Gonzales disebut salah satu hasil naturalisasi yang cukup berhasil meski resmi menjadi WNI pada usia 34 tahun. Tiga tahun kemudian, Gonzales disebut sudah habis.

 

Namun, El Loco seolah menampik anggapan itu. Pada gelaran turnamen Piala Presiden 2017, ayah dari tiga anak itu menjadi top skor dengan 11 gol.

Total lima kali beruntun Gonzales menjadi top skor di liga domestik tanah air hingga Indonesia Super League 2008/2009 dengan 28 gol untuk Persik Kediri. Tak heran jika sang striker dijuluki pula sebagai Si Raja Gol.

 

  1. Stefano lilipaly

Stefano lilipaly, adalah pemain naturalisasi asal belanda berumur 29 tahun. Lilipaly bisa dikatakan jadi salah satu pemain naturalisasi terbaik. Kontribusi Lilipaly pun terbilang cukup membantu produktivitas Timnas Indonesia.

 

Salah satu yang paling diingat adalah ketika dirinya mampu mencetak gol ke gawang Vietnam di semifinal Piala AFF 2016. Gol itu akhirnya membantu Skuat Garuda lolos ke partai puncak pada ajang itu.

 

Bahkan jasa pemain Bali united tersebut sempat dibutuhkan saat Timnas Indonesia U-23 bertarung di Asian Games 2018 lalu. Sebagai pemain senior, Lilipaly memberikan dampak besar meski tak mampu membawa Timnas Indonesia mencapai target.

  1. Beto goncalves

Beto goncalves, adalah pemain naturalisasi asal brazil yang berumur 38 tahun. Beto Goncalves masuk dalam daftar pemain naturalisasi terbaik sepanjang sejarah Timnas Indonesia.

Sama seperti Stefano Lilipaly, sosok Beto Goncalves juga dibutuhkan saat Timnas Indonesia U-23 bertarung di Asian Games 2018. Menjadi pilihan utama di lini serang Timnas Indonesia, Beto pun berhasil menunjukkan kemampuannya sebagai penyerang berkualitas.

 

Pasalnya, ia mampu menjadi pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia dengan jumlah empat gol. Jumlah gol tersebut nyatanya juga sama dengan torehan Stefano Lilipaly. Pemain naturalisasi asal Belanda tersebut juga mengumpulkan empat gol sepanjang Asian Games 2018. Itu membuktikan bahwa dua pemain naturalisasi itu sangat dibutuhkan Timnas Indonesia.

  1. Greg nwokolo

Greg nwokolo adalah pemain naturalisasi asal Nigeria yang berusia 33 tahun. Greg juga adalah salah satu pemain naturalisasi terbaik, greg punya skil olah bola yang luar biasa. Dia juga punya finishing dan power yang bagus.

 

Peforma greg sangat luar biasa. Greg memiliki kecepatan dan mampu bersaing di lini tengah.

 

Tak hanya dalam urusan assist, Greg juga bisa diandalkan untuk mencetak gol. Musim ini bersama Madura United, Greg sudah mencetak dua gol dalam 10 laga yang dimainkannya.

 

Kehadiran Greg di lini tengah bisa menjadi warna di Timnas Indonesia. Terlebih sang pemain memiliki umpan-umpan akurat dan tembakan kencang.

 

  1. Ilija spasojevic
    ilija spasojevic, atau biasa dipanggil spaso adalah pemain naturalisasi asal Montenegro berusia 32 tahun. Mungki spaso bisa dikatakan salah satu pemain naturalisasi terbaik. Namun peforma spaso di timnas tidak sebagus di klub.

 

Di klub spaso berhasil meraih juara Bersama Persib dan melaka pada tahun 2014, 2015 dan 2016 tak habis disitu ditahun berikutnya spaso berhasil menjuarai liga Indonesia 2017 bersama bhayangkara fc.

 

Peforma nya sangat luar biasa di klub, dan spaso pun tinggal menunggu waktu untuk bisa mengangkat trofi liga 1 2019 bersama Bali united.

 

Selain 5 nama diatas masih banyak pemain naturaliasi yang memiliki peforma cukup gemilang seperti Victor igbonefo dan otavio dutra. Nah itulah 5 pemain naturalisasi terbaik, jadi siapa lagi pemain naturalisasi yang menurut kalian paling sukses?

 

Please rate this


Factasia Football
Pengamat Sepak bola gadungan