AremaPersibPSSI

Perbandingan Sanksi Persib Bandung dan Arema FC, Sudah adil?

Persib bandung dan Arema Fc sama sama mendapat sanksi karena ulah masing-masing suporter mereka. Persib mendapat sanksi pada tanggal 23 September 2018, pada saat itu kasusĀ pengeroyokan Haringga Sirla jadi trending topik di Internet dan mengakibatkan Persib dan Bobotoh menerima sanksi yang luar biasa mengerikan bagi seorang suporter. Begitu juga Arema yang pada tanggal 6 Oktober 2018 kemarin kena sanksi. Tepatnya pada petandingan Arema FC vs Persebaya surabaya di stadion kanjuruhan. Tensi panas rivalitas Malang-surabaya membuat suporter arema ikut terpancing karena Provokasi dari Yuli Sumpil.

 

Arema yang terpancing ikut turun kelapangan dan melakukan hal yang tidak patut dicontoh. selain itu mereka menyalakan Flare dan melakukan pelemparan Botol. menurut PSSI Aremania juga terbukti melakukan pengeroyokan terhadap suporter yang diduga adalah Bonek (Suporter persebaya). Jelas dengan kejadian ini Panpel Arema fc sangat lalai karena masuknya suporter kelapangan dan kejadian lainnya namun PSSI tidak menjatuhkan sanksi kepada PANPEL arema. berbeda halnya dengan Panpel Persib yang dimana kejadian Pengeroyokan diĀ Luar stadion mengakibatkan Panpel Persib di beri hukuman berat yaitu 2 Tahun dilarang beraktifitas dan mengikuti kepanitiaan dan denda Rp.100 Juta.

 

Berikut adalah perbandingan Sanksi Persib dan Arema :

 

Persib Bandung
– Nama kompetisi: Go-Jek Liga 1 2018
– Pertandingan: Persib Bandung vs Persija Jakarta
– Tanggal kejadian: 23 September 2018
– Jenis pelanggaran: melakukan intimidasi kepada ofisial Persija pada saat Match Coordination Meeting, melakukan sweeping, pengeroyokan dan pemukulan terhadap suporter Persija hingga tewas.
– Hukuman: Sanksi pertandingan home diluar Pulau Jawa (contoh di Kalimantan) tanpa penonton sampai akhir musim kompetisi 2018 dan pertandingan home tanpa penonton di Bandung sampai setengah musim kompetisi tahun 2019.

2. Suporter Persib Bandung
– Nama kompetisi: Go-Jek Liga 1 2018
– Pertandingan: Persib Bandung vs Persija Jakarta
– Tanggal kejadian: 23 September 2018
– Jenis pelanggaran: melakukan intimidasi terhadap tim Persija pada saat MCM dan melakukan sweeping, pengeroyokan dan pemukulan terhadap suporter Persija hingga tewas.
– Hukuman: Sanksi penonton dan atau suporter berupa larangan untuk menyaksikan pertandingan Persib Bandung pada saat home maupun away serta pertandingan Liga 1 lainnya sejak putusan ini ditetapkan sampai pada setengah musim kompetisi 2019.

3. Panitia pelaksana pertandingan Persib Bandung
– Nama kompetisi: Go-Jek Liga 1 2018
– Pertandingan: Persib Bandung vs Persija Jakarta
– Tanggal kejadian: 23 September 2018
– Jenis pelanggaran: suporter Persib melakukan intimidasi terhadap tim Persija pada saat MCM dan melakukan. Sweeping, pengeroyokan dan pemukulan terhadap suporter Persija hingga tewas. Panpel gagal memberikan rasa aman dan nyaman terhadap suporter yang datang menonton.
– Hukuman: Sanksi terhadap
1. Ketua panitia pelaksana pertandingan & security officer berupa larangan ikut serta dalam kepanitiaan pertandingan Persib Bandung selama 2 (dua) tahun.
2. Panpel Persib Bandung didenda sebesar Rp. 100.000.000 (seratus juta rupiah)
3. Panpel Persib Bandung wajib memerangi dan melarang rasisme dan tulisan provokasi serta slogan yang menghina pada spanduk, poster, baju dan atribut lainnya dengan cara apapun

4. Seluruh tersangka pengeroyokan Haringga Sirla
– Nama kompetisi: Go-Jek Liga 1 2018
– Pertandingan: Persib Bandung vs Persija Jakarta
– Tanggal kejadian: 23 September 2018
– Jenis pelanggaran: melakukan provokasi hingga pengeroyokan disertai pemukulan terhadap supporter Persija Jakarta hingga tewas.
– Hukuman: Sanksi semua tersangka pengeroyokan Haringga Sirila dihukum larangan menonton sepakbola di wilayah Republik Indonesia seumur hidup.

Arema FC :

Jenis Pelanggaran
Beberapa pelanggaran yang dimaksud, yakni pengeroyokan yang dilakukan suporter Arema FC terhadap suporter Persebaya Surabaya, intimidasi yang dilakukan oleh suporter Arema FC dengan cara mendekati pemain Persebaya Surabaya. Yuli Sumpil dan Fandy memprovokasi penonton lain dengan cara turun ke lapangan. penyalaan flare dan pelemparan botol .

Hukuman :
Atas pelanggaran ini, Arema FC diberi sanksi larangan menggelar pertandingan tanpa penonton pada laga home dan suporter mereka dilarang memberikan dukungan juga pada saat laga away sampai akhir musim kompetisi 2018.Arema didenda Rp. 100.000.000. Yuli Sumpil dan Fandy dihukum tidak boleh masuk stadion di wilayah Republik Indonesia seumur hidup.

Related Articles

Back to top button
Close