Liga 1

Sejak Era ISL, Inilah 7 Klub yang belum pernah terdegradasi Sejarah Liga Indonesia (Klub Terbaik)

No ratings yet.

liga indonesia, liga yang paling sulit ditebak diantara liga lainnya di dunia.liga indonesia tak seperti liga spanyol yang dimana barcelona dan real madrid menjadi klub yang mendominasi. Juga tak seperti liga prancis yang dikuasai oleh PSG. Apalagi dibandingkan dengan liga inggris yang sorotannya hanya ke 6 klub seperti arsenal, mu, city, tothenham,chelsea,dan liverpool.

Di liga indonesia, kita sulit menebak mana tim besar dan mana tim kecil. Contohnya saja bhayangkara fc sebagai klub pendatang baru bisa menjuarai liga 1 2017. Dan juga sriwijaya fc yang terdegradasi ke liga 2. Bahkan penentuan juara pun kita harus menunggu sampai pekan ke terakhir untuk tau siapa juaranya.

Namun, sejak era kompetisi profesional terdapat 7 klub yang konsisten berada di liga kasta teratas indonesia. klub mana saja itu? Oke, berikut adalah 7 klub yang belum pernah merasakan degradasi ke kasta kedua liga indonesia.

1. Persija jakarta

Persija sejak ISL belum pernah terdegradasi. Prestasi persija meningkat dikala Gede Widiade datang. Dibawah kepemimpinan GW Persija berhasil menjuarai liga 1 2018, juara piala presiden 2018, dan juga Juara Bost Fix Super Cup Malaysia tahun 2018.

2. persib bandung

Persib Bandung memang belum pernah degradasi sejak era profesional dari ISL sampai Liga 1. Sama seperti Persija, Persib juga menjadi klub yang pernah memenangkan Piala Presiden dan gelar juara Liga.

3. PSM Makassar

PSM mau tidak mau harus dicatat sebagai tim yang belum terdegradasi. Meski di tengah musim 2010/2011 keluar dari ISL dan dinyatakan degradasi karena membelot ke LPI. Namun pada musim 2012 PSM tetap bermain di kompetisi kasta tertinggi di bawah naungan PSSI yang sah, yaitu IPL. Saat kompetisi rekonsiliasi digelar pada 2014, PSM juga masuk ke ISL lagi. Masih di kasta tertinggi.

4. Persela lamongan

KIPRAH Persela di ISL tampak biasa-biasa saja. Mereka jarang finis di papan atas, tetapi juga tidak pernah ada di papan bawah. Klub spesialis papan tengah menjadi julukan yang pas. Persela juga dikenal sulit dikalahkan saat bermain di kandang. Tapi tim asal Jawa Timur ini tetap jauh dari yang namanya degradasi hingga saat ini.

5. Persipura jayapura

Persipura adalah salah satu tim besar di Indonesia dengan koleksi gelar Liga terbanyak. Namun akhir-akhir ini prestasi Persipura bisa dibilang menurun dan musim ini hanya menempati posisi 12 klasemen. Mutiara Hitam tetap menjadi klub yang belum pernah degradasi sejak era sepakbola profesional Indonesia

6. AREMA fc

SEMPAT porak poranda karena dualisme klub, Arema FC tetap eksis di kasta tertinggi sejak era ISL. Tim asal Malang ini bahkan sempat mencicipi gelar juara di musim 2009/2010. Terakhir arema fc berhasil menjuarai piala presiden 2019. Musim ini di Liga 1 patut ditunggu bagaimana Singo Edan mengaum.

7. Madura United

Madura United dulunya adalah Pelita Jaya yang kemudian menjadi Pelita Bandung Raya, berganti menjadi Persepasi Bandung Raya, dan akhirnya menjadi Madura United pada 2016. Berganti nama beberapa kali, klub ini tak pernah degradasi dan bahkan pada ISL 2014, klub ini berhasil menembus semifinal.

Please rate this

Tags

Related Articles

Back to top button
Close