Liga 1

VAR Pake Handphone di Liga Indoneisa

No ratings yet.

VAR atau video assistant referee memang tidak diterapkan di liga Indonesia. Padahal VAR sangat dibutuhkan di liga Indonesia. Kejadian kontroversial yang seharusnya bisa diatasi oleh VAR banyak terjadi di liga Indonesia. Contohnya dulu, pada saat PS TNI vs Persija Jakarta terjadi moment kontroversial dimana pemain persija dianggap melakukan handball di kotak penalti.

Namun disaat itu juga, para pemain persija melakukan protes keras kepada wasit fariq hitaba. Pada akhirnya fariq hitaba memutuskan untuk melihat tayangan ulang di kamera. Dan hasilnya hadiah penalti untuk pS tni dianulir oleh wasit. Dan mungkin itu menjadi pertama kalinya kita melihat fungsi VAR yang bisa mengatasi masalah kontroversial di liga Indonesia.

Makanya, sejak itu supporter selalu minta PSSI untuk menyediakan VAR di semua pertandingan liga Indonesia khususnya untuk liga 1. Namun hingga kini VAR belum juga diterapkan di liga Indonesia. Alasannya beragam, ada yang bilang itu akan mengurangi drama di sepak bola dan katanya kalo semua serba teknologi mending main PS aja ujar lord iwan budianto.

Dan ada juga yang bilang penggunaan VAR di liga 1 itu lebay.

Dan terbukti dengan tidak adanya VAR di liga 1, kontroversi terhadap keputusan wasit terus terjadi. Contohnya adalah pada saat borneo fc vs madura united di pertandingan lanjutan liga 1 2019.

Saat itu tepatnya pada saat di akhir akhir pertandingan, skor masih imbang 1-1. Dan disitu tim tuan rumah mendapat hadiah penalty karta asep berlian dianggap melanggar Muhammad sihran di kotak penalty.

madura united melakukan protes. Protes dari para pemain madura tidak digubris, pada akhirnya para pemain madura memaksa wasit untuk melihat tayangan ulang lewat hape mereka.

Namun wasit menolak dan tetap memberikan tendangan penalti untuk borneo fc dan akhirnya borneo fc menang 2-1 atas madura united.

Nah jadi intinya kita semua sama sama setuju bahwa VAR sudah sangat dibutuhkan diliga Indonesia khususnya di liga 1. Tapi ya kalo PSSI masih belum siap untuk menerpakan Var di liga 1, meding kita maen PS aja.

Please rate this

Related Articles

Back to top button
Close